1. MODUL 1
Pembelajaran
Komputer Bagi Anak Usia Dini
Pengelolaan kegiatan pengembangan anak usia dini
MODUL 1
Ruang Lingkup Pengelolaan Kegiatan di Lembaga PAUD
Kegiatan
Belajar 1
Latar
belakang pentingnya pengelolaan kegiatan di lembaga PAUD (KB dan TPA)
A. Landasan
Yuridis
Landasan yuridis
berkaitan dengan pentingnya penyelenggaraan kelompok bermain dan taman
penitipan anak.
B. Landasan
Filosofis dan Relegius
Landasan filosofis dan
religious didasarkan pada keyakinan agama yang dianut oleh para orang tuaanak
usia dini.
C. Landasan
Empirik
Landasan empiric akan
pentingnya pengelolaan kegiatan di Taman Penitipan anak berdasarkan data dari
Departemen Sosial RI tahun 2000 mendeskripsikan bahwa tercata 778 lembaga
penitipan anak dan sekarang diperkirakan 1.100 lembaga yang tersebar di ibukota
propinsi kabupaten maupun kecamatan.
D. Landasan
Keilmuwan
Landasan keilmuwan
secara teoretis yang melandasi agar anak usia dini mendapatkan pengasuhan dan
perlindungan yang tepat.
Kegiatan
Belajar 2
Pengelolaan
kegiatan di kelomok bermain (KB)
A. Hakekat
dalam pengelolaan kegiatan di kelompok bermain
1. Pengertian
batita
2. Pengertian
kelompok bermain
3. Karakteristik
perkembangan batita
4. Teori
psikologi perkembangan anak
5. Kontinum
perkembangan belajar
6. Bentuk
pendidikan di kelompok bermain
B. Tujuan
dalam pengelolan kegiatan kelompok bermain
1. Mengembangkan
kehidupan beragama sedini mungkin
2. Mengembangkan
kemandirian
3. Mengembangkan
kemampuan berbahasa
4. Mengembangkan
kognitif
C. Pendekatan
dalam pengelolaan kegiatan di kelompok bermain
1. Prinsip
pendidikan anak usia dini
2. Prinsip
perkembangan anak
3. Prinsip
pendidikan pada kelompok bermain adalah belajar melalui bermain
Kegiatan
Belajar 3
Pengelolaan
kegiatan di taman penitipan anak
A. Hakekat
pengelolaan kegiatan di taman penitipan anak
Taman Penitipan Anak
adalah wahana asuhan kesejahteraan sosial yang berfungsi sebagai yang berfungsi
sebagai pengganti keluarga untuk waktu tertentu.
B. Hakekat
taman penitipan anak
1. Taman
penitipan anak sebagai kebutuhan
2. Perizinan
taman penitipan anak
3. Bentuk
dan karakter taman penitipan anak
4. Penyelenggaraan
taman penitipan anak
5. Menuju
TPA masa depan
C. Tujuan
pengelolaan kegiatan di taman penitipan anak
1. Tujuan
pengelolaan kegiatan di TPA untuk anak
2. Tujuan
pengelolaan kegiatan di TPA untuk orang tua
3. Tujuan
pengelolaan kegiatan di TPA untuk masyarakat
D. Pendekatan
dalam pengelolaan kegiatan taman penitipan anak
1. Prinsip
pendidikan anak usia dini
2. Prinsip
perkembangan anak
3. Dasar
filsafat pendidikan TPA
MODUL
2
Rambu-rambu
pendirian lembaga PAUD
Kegiatan
belajar 1
Dasar
legalitas PAUD di Indonesia
A. Kerangka
aksi pendidikan untuk semua
B. Landasan
dasar pendidikan anak usia dini di Indonesia
1. Landasan
yuridis
2. Landasan
empiris
3. Landasan
keilmuwan
C. Jalur
dan bentuk layanan pendidikan anak usia dini
1. PAUD
diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar
2. PAUD
dapat diselenggarakan dalam bentuk formal, nonformal atau informal
Kegiatan
belajar 2
Pendirian
lembaga pendidikan anak usia dini
A. Penyelenggaraan
kelompok bermain
Bahwa kelompok bermain
adalah salah satu bentuk layanan paud pada jalur pendidikan nonformal.
B. Pedoman
teknis penyelenggaraan taman penitipan anak
C. Satuan
Paud yang sejenis
Merupakan area program
pelayanan anak dini usia selain program pendidikan anak usia dini yang sudah
ada.
Kegiatan
Belajar 3
Pengajuan
rintisan program pendidikan anak usia dini
A. Ketentuan
umum
B. Pelaksanaan
C. Penilaian
D. Tindak
lanjut
MODUL 3
Pengelolaan lingkungan
belajar indoor di lembaga paud
Kegiatan
belajar 1
Dasar
pengelolaan lingkungan belajar indoor di lembaga paud
A. Mengeorganisir
dan mengelola lingkungan indoor
1. Ruangan
bayi
2. Ruangan
ank-anak
3. Menyusun
atau menata ruangan untuk kelas anak usia dini
B. Menciptakan
lingkungan belajar indoor
1. Fasilitas
fisik
2. Factor
keamanan
C. Penataan
ruangan dan peralatan
1. Usia
dan tingkat perkembangan anak-anak
2. Pengawasan
3. Fleksibilitas
4. Alur
lalu lintas
5. Ruang
pribadi
Kegiatan
belajar 2
Teknik
penataan ruangan dan perlengkapan belajar dilembaga PAUD
A. Alasan
menggunakan sentra dalam pendidikan anak usia dini
1. Nilai
bermain
2. Pusat
minat atau pusat kegiatan
B. Memilih,
mendesain, dan menata sentra
1. Memilih
sentra untuk ruang kelas
2. Sentra-sentra
tradisional
3. Sentra-sentra
sosio-drama
4. Sentra-sentra
unik
MODUL 4
Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga
paud taman penitipan anak dan kelompok bermain
Kegiatan
belajar 1
Pengelolaan
lingkungan outdoor di taman penitipan anak dan kelompok bermain
A. Pengertian
outdoor
B. Tujuan
anak belajar outdoor
1. Tujuan
perkembangan sosial emosional
2. Tujuan
perkembangan kognitif
3. Tujuan
perkembangan fisik
C. Prinsip
penataan area bermain outdoor pada anak usia dini
1. Memenuhi
aturan keamanan
2. Melindungi
da meningkatkan karakteriksik alamiah anak
3. Desain
lingkungan luar kelas harus didasarkan pada kebutuhan anak
4. Secara
estetis harus menyenangkan
Kegiatan
belajar 2
Aplikasi
kegiatan outdoor di kelompok bermain dan taman penitipan anak
A. Spesifikasi
lingkungan belajar outdoor
1. Lokasi
2. Ukuran
3. Pagar
4. Tanah
lapang
5. Permukaan
6. Atap
dan naungan
B. Menata
lingkungan outdoor
1. Merancang
ruang
2. Area
bermain yang menggunakan peralatan
3. Area
menggali dan menimbun
4. Area
berkendaraan
5. Area
bermain hening
6. Area
berkebun
7. Area
binatang kesayanganarea tukang kayu
8. Menyimpan
bahan dan perlengkapan
9. Perhatian
terhadap keamanan dan keselamatan
MODUL 5
Pelaksanaan kegiatan pengembangan di lembaga PAUD
Kegiatan
belajar 1
Pelaksanaan
kegiatan pengembangan di kelompok bermain
A. Pengertian
Adalah seperangkat
kegiatan belajar yang direncanakan untuk dilakukan dalam rangka menyiapkan dan
meletakkan dasar-dasar bagi perkembangan dari anak didik lebih lanjut yang
ditujukan kelompok bermain.
B. Tahap-tahap
kegiatan pengembangan di KB
1. Tahap
pembukaan
2. Kegiatan
inti
3. Istirahat
4. Penutup
C. Prosedur
pelaksanaan kegiatan pengembangan di kober
1. Peserta
didik
2. Pendidik
3. Pengelola
4. Tempat
5. Waktu
6. Administrasi
Kegiatan
belajar 2
Pelaksanaan
kegiatan pengembangan di tempat penitipan anak
A. Pengertian
TPA
B. Pelaksanaan
penegmbangan kegiatan di TPA
1. Tujuan
2. Landasan
yuridis
3. Sasaran
4. Pengelompokkan
anak
5. Persyaratan
6. Lingkungan
7. Pemeliharaan
kebersihan
8. Perizinan
9. Keamanan,
kesehatan, hygiene, dan gizi
10. Pembiayaan
C. Sumber
daya manusia di TPA
1. Pendidik
2. Pengelola
3. Pengasuh
D. Prosedur
pelaksanaan kegiatan pengembangan di TPA
1. Kurikulum
2. Evaluasi
E. Kompetisi
hasil keluaran dari TPA
F. Pembinaan
TPA
MODUL 6
Penglolaan kegiatan
pengembangan pada lembaga satua paud sejenis
Kegiatan
belajar 1
Ruang
lingkup, tujuan, pendekatan, prosedur pengelolaan kegiatan pada lembaga satuan
paud sejenis
A. Ruang
lingkup satuan paud sejenis
B. Tujuan
1. Kesehatan
2. Gizi
3. Psikososial
C. Pendekatan
dalam pengelolaan kegiatan pada lembaga paud sejenis
D. Prosedur
pelaksanaan kegiatan pengembangan pada lembaga satuan paud sejenis
1. Unsure
yang terlibat
2. Komponen
program pos paud
3. Strategi
pelaksanaan paud
4. Indicator
keberhasilan
5. Langkah-langkah
pembentukan pos paud
6. Proses
kegiatan
Kegiatan
belajar 2
Penilaian
kegiatan penegmbangan pada lembaga paud sejenis
A. Penilaian
kegiatan pada lembaga satuan paud sejenis
1. Pengertian
2. Tujuan
penilaian
3. Fungsi
penilaian
4. Prinsip-prinsip
penilaian
B. Komponen
penilaian proses kegiatan belajar dikaitkan dengan perkembangan anak
1. Evaluasi
program
2. Evaluasi
kemajuan perkembangan anak
C. Pembinaan
1. Petugas
pembinaan
2. Lingkup
pembinaan
D. Pelaporan
1. Pelaporan
hasil kemajian perkembangan anak
2. Pelaporan
program
E. Sertifikasi
MODUL 7
Pengelolaan circle time di taman penitipan anak dan
kelompok bermain
Kegiatan
belajar 1
Pengelolaan
kegiatan circle time bagi pengembangan anak usia dini
A. Pengertian
circle time
B. Manfaat
kegiatan circle time bagi anak usia dini
C. Jenis
circle time
1. Large-group
time
2. Small-group
time
D. Rambu-rambu
pelaksanaan kegiatan circle time
1. Rancang
kegiatan circle time sebaik mungkin
2. Ciptakan
aturan bersama
3. Peran
guru dalam kegiatan circle time
Kegiatan
belajar 2
Kegiatan
circle time dikelompok bermain dan taman penitipan anak
A. Pengelolaan
circle time dengan pemberian pijakan berdasarkan pendekatan beyond center and
circle time (bcct)
B. Prosedur
pelaksanaan kegiatan circle time
C. Aplikasi
kegiatan circle time dikelompok bermain dan taman penitipan anak
MODUL 8
Pengelolaan kegiatan berbasis sentra di KB dan TPA
Kegiatan
belajar 1
Pengertian,
manfaat, jenis, dan prinsip umum pendekatan sentra di KB dan TPA
A. Pengertian
dan manfaat sentra
B. Jenis
bermain dan jenis sentra bagi anak KB dan TPA
1. Main
sensorimotor atau fungsional
2. Main
peran
3. Main
pembangunan
C. Pijakan
dalam pembentukan sentra
Kegiatan
belajar 2
Prinsip,
rambu, dan pengaturan kegiatan berbasis sentra di KB dan TPA
A. Prinsip-prinsip
umum pendekatan sentra di Kb dan TPA
B. Rambu
– rambu pelaksanaan pendekatan sentra di KB dan TPA
C. Pengaturan
kegiatan berbasis sentra di KB dan TPA
MODUL 9
Pengelolaan sentra persiapan di KB dan TPA
Kegiatan
belajar 1
Pengertian,
pijakan, dan tahap perkembangan anak pada sentra persiapan
A. Munculnya
keaksaraan pada anak usia dini
B. Pengertian
dan cakupan sentra persiapan
C. Pijakan
sentra persiapan berdasarkan pendekatan bcct
D. Tahapan
perkembangan anak dalam menggunting, meronce, menulis, dan menggunakan buku
kegiatan
belajar 2
penataan
ruang dan media serta rambu-rambu pelaksanaan sentra persiapan di KB dan TPA
A. Penataan
ruang dan media yang dibuhkan pada sentra keaksaraan
B. Rambu-rambu
pelaksanaan sentra persiapan di KB dan TPA
MODUL 10
Pengelolaan sentra main peran dan sentra sains di
taman penitipan anak dan kelompok bermain
Kegiatan
belajar 1
Pengelolaan
kegiatan sentra main peran di kelompok bermain dan taman penitipan anak
A. Pengertian
main peran
Adalah kegiatan bermain
di mana anak melakukan kegiatan meniru perilaku.
B. Pentingnya
sentra main peran bagi anak usia dini
1. Mempelajari
diri sendiri
2. Belajar
untuk menilai dan memilih berbagai informasi
3. Belajar
saling berinteraksi
4. Belajar
menjawab dan memberi pertanyaan
5. Dll
C. Tahapan
dan jenis main peran berdasarkan pendekatan bcct
1. Tahapan
main peran
2. Factor-faktor
yang mempengaruhi perkembangan bermain peran
3. Jenis
main peran
D. Pijakan
sentra main peran berdasarkan pendekatan bcct
1. Pijakan
lingkungan
2. Pijakan
pengalaman sebelum main peran
3. Pijakan
pengalaman main peran setiap anak
4. Pijakan
pengalaman sesudah main peran
E. Penataan
ruang dan media sentra main peran
1. Menata
ruang untuk main peran
2. Memilih
alat dan bahan bermain
3. Penataan
dan penyimpanan
4. Memberikan
label alat dan perlengkapan
5. Efektivitas
area
F. Contoh
kegiatan main peran di TPA dan Kb
1. Bekerja
menjadi tukang cukur
2. Liburan
di pantai
3. Dokter
4. Pompa
bensin
kegiatan
belajar 2
pengelolaan
kegiatan sentra sains di kelompok bermain dan taman penitipan anak
A. Pengertian
sentra sains
Adalah tempa yang
dirancang untuk mengundang rasa ingin tahu anak dan tempat dimana anak dapat
menemukan berbagai macam jawaban.
B. Pentingnya
sentra bagi anak usia dini
Dapat mengembangkan
kepekaan dan kepedulian anak pada lingkungan sekitar.
C. Pijakan
sentra sains
1. Pijakan
lingkungan
2. Pijakan
pengalaman sebelum kegiatan sentra
3. Pijakan
pengalaman kegiatan setiap anak
4. Pijakan
pengalaman kegiatan setelah sentra
D. Penataan
ruang dan media sentra sains
1. Pemilihan
tempat
2. Pemilihan
alat dan bahan
3. Penataan
alat dan bahan
E. Contoh
kegiatan main sains di TPA dan KB
1. Mencicipi
rasa
2. Mengamati
ulat
3. Melukis
dengan cat dan air
4. Mencari
kupu-kupu
MODUL 11
Pengelolaan sentra pembangunan di lembaga PAUD
Kegiatan
belajar 1
Sentra
balok
A. Pentingnya
balok bagi perkembangan anak
1. Ketrampilan
berhubungan dengan teman sebaya
2. Kemampuan
berkomunikasi
3. Kekuatan
dan koordinasi motorik halus dan kasar
4. Konsep
matematika dan geometri
5. Pengetahuan
pemetaan
6. Ketrampilan
membedakan penglihatan
B. Mengatur
lingkungan belajar
1. Mengatur
ruang
2. Memilih
balok dan kelengkapannya
3. Memajang
balok dan kelengkapannya
4. Memelihara
balok
5. Menilai
keefektifan area
C. Mengamati
dan mempromosikan belajar anak
1. Bagaimana
anak menggunakan balok
2. Mengobservasi
anak secara individual
3. Mendorong
semua anak bermain di sudut balok
4. Berinteraksi
dengan anak-anak
5. Merapikan
sudut
D. Memperluas
dan memadukan belajar anak
1. Pertolongan
dan dorongan
2. Memadukan
balok dengan area kurikulum lainnya
E. Langkah
–langkah kegiatan di sentra balok
Kegiatan
belajar 2
Sentra
seni
A. Mengatur
lingkungan belajar
1. Mengatur
ruang dan peralatan
B. Mengamati
dan mempromosikan belajar anak
1. Anak
usia tiga tahun
2. Anak
usia empat tahun
3. Anak
usia lima tahun
C. Hubungan
antara membuat karya seni dengan perkembangan lainnya
D. Contoh
langkah-langkah kegiatan dalam sentra seni
MODUL 12
Peilaian kegiatan di KB dan TPA
Kegiatan
belajar 1
Penilaian
kegiatan di KB dan TPA
A. Pengertian
Suatu proses penilaian
yang dilakukan oleh guru sebelum melakukan kegiatan sampai dengan setelah
melakukan kegiatan.
B. Prinsip-prinsip
penilaian di Kb dan TPA
1. Keterpaduan
2. Komperehensif
3. Berkesinambungan
4. Objektivitas
5. Relevansi
6. Keteraturan
7. Valid
8. Mendidik
9. Berorientasi
pada perkembangan anak
10. Terbuka
11. Bermakna
C. Bentuk-bentuk
penilaian di Kb dan TPA
1. Teknik
observasi
2. Teknik
wawancara
3. Teknik
dokumentasi
4. Teknik
portofolio
Kegiatan
belajar 2
Prosedur
penilaian circle time berdasarkan bcct dan berbasis sebtra di KB dan TPA
A. Langkah-langkah
menyusun penilaian
B. Pengembangan
penilaian di KB dan TPA